Ilmu bertolak dari
pengalaman, semakin banyak pengalaman semakin banyak ilmunya.
Eksperimen : menguji coba
Empiris dampak dari hukum
causalitas
Proses causalitas dalam
pendidikan : siswa yang asalnya nol menjadi mengetahui.
Ilmu hasil dari pengalaman " hasil
eksperimen
Selama
kita tidak mengalami " tidak
tahu (agnostic)
Penerapan
kausalitas menjadi empriris
Kausalitas
belajar mengajar disebut empiris
Empiris
yang berlangsung yang di dalamnya ada sebab-akibat dinamakan lingkungan
Proses
sebab-akibat : lingkungan
Lingkungan
yang mengubah segala-galanya
Salah
satu lingkungan : guru
Empiris
memandang siswa itu adalah nol (agnostic)
Kausalitas
pengalaman yang berputar itu dinamakan lingkungan
Faktor
lingkungan yang mempengaruhi siswa.
Lingkungan
itu yang dinamakan pendidikan.
(Lingkungan = pendidikan).
Mendidik : mengisi siwa
Mendidik anak : membentuk anak
Pendidikan : merekayasa
Optimisme
paedagogis
Pesimisme
bakat / potensi / alam / natural (pesimisme naturalis)
Pendidikan
menurut ilmu pendidikan
Ujian : bikin definisi
pendikan sendiri
Yang
menjadi sebab ada 4 :
1. Causa materialis (bahan)
2. Causa formalis (format /
bentuk)
3. Causa efisien
4. Causa finalis
Causa
materialis : penguasa, perekayasa
Kuasailah
causa materialis : kuasai diri sendiri, kuasai kelas
Causa formalis :
-bentuk pedagogic / edukatif :
top down
-bentuk
infentif : menggabungkan
-bentuk
emansifatoris : konsep (siswa)
Causa
efisien : sebab dikerjakan
Causa
finalis : sebab tujuan
Relatif :
kemungkinan
Sesuatu
itu berada di interval
Relatif :
hubungan, kaitan
Sesuatu
ada karena hubungannya, ada kaitannya
Pengalaman
dibangun oleh hukum causalita
Hubungan
kausalita ada relasi
Relasi :
Hubungan :
-Diikat
(terikat)
-Dilibatkan
(terlibat)
-Digantungkan
(tergantung)
-Timbal
Balik
-Sadar
Timbal
balik dalam hukum causalita (SR = Stimulus, Responsif)
Pendidikan
itu yang tinggi terjadi Timbal Balik
Kesadaran
bersifat bebas
Bebas : 1. fisik : sepanjang kemampuan fisik itu
2.
pikiran
3. moral
fisik :
tindakan sesuai kemampuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar