Halaman

Kamis, 14 Juni 2012

ILMU PENDIDIKAN 6

Sistem kalau ada pendahuluan ada kesimpulan

Perilaku yang diharapkan
Sistem sosial : menghantarkan seseorang ke perilaku yang diharapkan



Oval: System Social



Oval: Perilaku yang Diharapkan
                              " Ethos   "    Mores   "    Nilai "

                                      |              |              |

                                     " Lembaga " Peranan " Harapan "

                                             |                |                 |

                                     " Kelompok  "  Iklim  "  Maksud "

                                             |                |             |

                                     " Individu " Pribadi " kebutuhan "

                                              |             |                |

                                     " Organisme " Institusi " Potensi "

Keterangan : " (Idiografis)
                      $ (Nomotetis)
 



Ethos : semangat (belajar, menghafal, dll)
Siswa dapat meniru : (Menemukan, Merakit, Menciptakan)
Mores : Moral " Bhs. Jerman : kandang sapi
Simpan siswa di tempatnya " yaitu di Aturan.
Perilaku yang sembarang " tidak diharapkan " tidak pada tempatnya " tidak ada aturan.
Melaksanakan sesuatu sesuai aturan " Tanggung jawab
Perilaku yang sudah nampak " Moral
Perilaku yang masih di ethos " Mores
Moral : Sadar akan Tugas
Amoral : Tidak Sadar akan Tugas
Nilai : Sesuatu yang dapat mengubah keadaan
Harga : Sejumlah pengorbanan / perjuangan
Tanamkan pada diri siswa kalau ingin nilai ada harga dan pengorbanannya
Alur dari Ethos"Mores"Nilai disebut pola pendidikan Idiografis (artinya : Pendidikan berlangsung dari siswa sendiri (siswa oriented)
Lingkungan pendidikan sangat tergantung pada diri siswa itu sendiri
Siswa itu yang menjadi alasan terjadi kegiatan paedagogis
Organ : Hidup harmonis,ada dinamika
Si anak kalau maju bawa ke lembaga yang baik
Person : kedok, topeng
Pendidikan Antropologis Normatif yang praktis

Secara Idiografis "tugas"nilai

Berpikir Teoritis
Berpikir Fungsional " perwujudan antara teori dan praktek sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar