Sistem kalau ada pendahuluan
ada kesimpulan
Perilaku yang diharapkan
Sistem sosial :
menghantarkan seseorang ke perilaku yang diharapkan
"
Ethos " Mores
" Nilai
"
| | |
" Lembaga " Peranan "
Harapan "
| | |
"
Kelompok " Iklim " Maksud "
| | |
" Individu " Pribadi "
kebutuhan "
| | |
"
Organisme "
Institusi " Potensi "
|
Ethos : semangat (belajar, menghafal, dll)
Siswa dapat meniru : (Menemukan, Merakit, Menciptakan)
Mores : Moral "
Bhs. Jerman : kandang sapi
Simpan siswa di tempatnya " yaitu di
Aturan.
Perilaku yang sembarang " tidak
diharapkan "
tidak pada tempatnya "
tidak ada aturan.
Melaksanakan sesuatu sesuai aturan " Tanggung
jawab
Perilaku yang sudah nampak " Moral
Perilaku yang masih di ethos " Mores
Moral : Sadar akan Tugas
Amoral : Tidak Sadar akan Tugas
Nilai : Sesuatu yang dapat mengubah keadaan
Harga : Sejumlah pengorbanan / perjuangan
Tanamkan pada diri siswa kalau ingin nilai ada harga dan
pengorbanannya
Alur dari Ethos"Mores"Nilai
disebut pola pendidikan Idiografis (artinya : Pendidikan berlangsung dari siswa
sendiri (siswa oriented)
Lingkungan pendidikan sangat tergantung pada diri siswa
itu sendiri
Siswa itu yang menjadi alasan terjadi kegiatan paedagogis
Organ : Hidup harmonis,ada dinamika
Si anak kalau maju bawa ke lembaga yang baik
Person : kedok, topeng
Pendidikan Antropologis Normatif yang praktis
Secara Idiografis "tugas"nilai
Berpikir Teoritis
Berpikir Fungsional "
perwujudan antara teori dan praktek sekaligus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar